Senin, 08 Juli 2013

Apa Itu Puasa ?

Puasa dalam berbagai arti adalah berikut:


Bahasa dan Pengertian:
Puasa dalam bahasa arab berarti Shaum, dalam definisi  adalah Menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu dan segala perbuatan yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan syarat dan rukun tertentu.

Arti Luas:
Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat.

Al-Qur'an & Hadist:
Wahai orang-orang yang beriman, telah wajib ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semuga kamu menjadi orang yang bertakwa.”
Surah Al Baqarah, ayat 183
Ditegaskan oleh Rasulullah SAW melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh Ahmad, An- Nasa’i dan Al Baihaqi dari Abu Hurairah, yang bermaksud:
“Sesungguhnya telah datang kepada kamu bulan Ramadhan bulan yang penuh berkat. Allah telah fardhukan ke atas kamu berpuasa padanya. Sepanjang bulan Ramadhan itu dibuka segala pintu Syurga dan ditutup segala pintu neraka serta dibelenggu segala syaitan…….”

4 komentar:

  1. Makasih infonya dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat, Amin ya Rabbal Alamin...

      Hapus
  2. Terimakasih infonya rayhan :D

    BalasHapus

Jangan Lupa "Tinggalkan Komen Anda Di Sini ↓"