Rabu, 02 Oktober 2013

Pidato / Ceramah/ Khutbah Tentang Idul Adha atau Idul Qurban

Assalamualaikum Wr.Wb
Yth. Bapak Ibu para hadirin yang berbahagia.
Washalatu Wassalamu Ala Asrafil Ambiyai Walmursalin Waalaalihi Washahbihi Ajmain Ama Ba'du.
Puji serta syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang begitu banyak, di antaranya nikmat sehat sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di sini.

Bapak Ibu yang saya cintai,
Pertama-tama perlu kita ketahui hari demi hari berganti, bulan demi bulanpun berganti sehingga kini telah sampailah kita kepada bulan Dzulhijjah/ Idul qurban.

Dalam bulan Dzulhijjah ini tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari dimana Nabi Ismail disembelih oleh Nabi Ibrahim. Mengapa demikian ? Sehari sebelumnya Nabi Ibrahim bermimpi bahwa ada perintah untuk menyembelih anaknya, Nabi Ibrahim pun sontak kaget "Apa benar saya harus menyembelih anak saya sendiri?" Nabi Ibrahim pun mencari kebeneran dari mimpi tersebut apakah asalnya benar dari Allah SWT atau gangguan syaitan. Ternyata memang itulah perintah Allah SWT, Nabi Ibrahim pun bertanya kepada anaknya "Wahai Ismail, Apakah jika ada perintah dari Allah SWT engkau akan melaksanakannya?" Nabi Ismail punmenjawab dengan penuh keyakinan "Tentu, Ayah" ujarnya. Lalu Nabi Ibrahim pun menceritakan semua mimpinya, namun Nabi Ismail menerima dengan lapang dada karena Allah SWT.

Pada tanggal 10 Dzulhijjah Nabi Ismailpun disembelih oleh Nabi Ibrahim namun Allah mengangkat Nabi Ismail dan menggantinya dengan Kambing Kibas, di sinilah kekuasaan Allah SWT sehingga akhirnya pada tanggal 10 dzulhijjah dijadikan idul qurban.

Saudara yang berbahagia,
Momen ini tentunya hanya ada sekali dalam setahun oleh karena itu marilah kita perrbanyak amal kita dengan berinfaq, menyisihkan harta kita untuk diqurbankan kambing, domba, sapi, dan hewan qurban lainnya. Agar saudara kita yang belum mampu dapat merasakan apa yang kita rasakan sehari-hari.

Mungkin hanya ini yang saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Wabilla hitaufik Walhidayah
Wassalammualaikum Wr Wb.

5 komentar:

  1. Kenapa nama anak nabi ibrahim dibuat nabi sulaiman ? Seharusnya nabi ismail.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas koreksinya. Kami akan segera mengeditnya

    BalasHapus
  3. 😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini, untuk di arahk
    .
    Kaos Dakwah Terbaru
    Testimoni di Instagram: #gootickapparel
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    BalasHapus

Jangan Lupa "Tinggalkan Komen Anda Di Sini ↓"