Selasa, 25 Juni 2013

Materi Bahasa Indonesia Wawancara

Tujuan Pembelajaran
v  Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat dan gagasan seorang tokoh / nara sumber yang disampaikan dalam wawancara.
A. Pengertian Wawancara
           Wawancara adalah Proses tanya jawab antara Pewawancara ( orang yang membutuhkan informasi ) dengan Nara sumber ( orang yang memberikan informasi).
B. Langkah – langkah dalam Wawancara
           Sebelum melakukan wawancara, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Pewawancara. Langkah-langkah tersebut antara lain :
a. Menetukan topik wawancara.
b. Menentukan pokok-pokok yang akan ditanyakan untuk berwawancara.
c. Menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara.
d. Menghubungi nara sumber.
e. Menyiapkan alat-alat dalam berwawancara seperti; alat tulis atau alat perekam.
f. Melakukan wawancara dengan nara sumber dengan cara yang sopan dan menggunakan ba hasa yang baik dan jelas.
g. Menulis hasil wawancara.
h. Mendiskusikan hasil wawancara.
i.  Menulis laporan hasil wawancara.
C. Contoh sebuah Wawancara
Ardi                       : “ Assalamualaikum .”
Pak Somad            : “ Waalaikum Salam,Nak.”
Ardi                   : “ Pak,maaf,saya mengganggu waktu Bapak sebentar untuk berwawancara ,boleh, Pak ?”
Pak Somad            : “Boleh, Nak,Silahkan saja!”
Ardi                       : “Sudah berapa lama Bapak menjadi penjual tahu ?”


Pak Somad            : “ Sudah cukup lama Nak, kurang lebih delapan tahun .”
                                  Ardi                  : “ Apakah Bapak membuat sendiri atau mengambil dari orang lain tahu yang akan dijual ?”
Pak Somad            : “ Saya membuat sendiri, Nak.”
Ardi                       : “ Ke mana Bapak memasarkan tahu-tahu, Bapak ? “
Pak Somad            : “ Ke pasar Mandalika .”
Ardi                       : “ Kapan Bapak berangkat ke pasar menjual tahu ?”
Pak somad             : “ Jam 06.00 pagi, Nak.”
Ardi                       : “ Jam berapa Bapak pulang dari pasar ?”
Pak Somad         : “Tidak pasti. Kadang-kadang jam 10.00 atau jam 12.00 siang,tergantung cepat habisnya tahu saya.”
Ardi                       : “ Berapa penghasilan Bapak sebulan dari berjualan tahu ?”
Pak Somad            : “ Rata-rata Rp. 450.000 sebulan.”
Ardi                       : ” Bapak cukup dengan penghasilan sebanyak itu ?”
Pak Somad            : ” Alhamdulillah cukup, Nak .”
Ardi                : “ Baiklah Pak Somad. Terima kasih atas waktu yang telah disediakan   untuk saya berwawancara dengan Bapak.”
Pak Somad            : “ Sama-sama, Nak Ardi .”
Ardi                       : “ Mari Pak. Assalamualaikum .”
Pak Somad            : “ Waalaikum Salam .”
D. Laporan Hasil Wawancara
                        Dari wawancara yang telah dilakukan di atas, dapat disusun laporan hasil wawancara dalam bentuk narasi atau cerita seperti :
                        Saya telah melakukan wawancara dengan Pak Somad pada hari Kamis, 20 Januari 2011 jam 10.30 sampai jam 11.00 Wita, di rumah Pak Somad. Hasil wawancara itu sebagai berikut  :
            Pak Somad sudah delapan tahun sebagai penjual tahu. Beliau berjualan tahu di pasar Mandalika. Tahu yang beliau jual adalah tahu buatannya sendiri. Pak somad berangkat
menjual tahu pada jam 06.00 pagi dan pulang jam 10.00 atau 12.00 siang. Penghasilan Pak Somad sebulan rata-rata Rp. 450.000. Penghasilannya itu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.
      Latihan  1.
      Susunlah daftar pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang! Pilihlah pekerjaan berikut ini ; guru, pedagang, petani, buruh, tukang kayu, pegawai negeri,pengojek !
      Latihan  2.
Perhatikan hasil wawancara di bawah ini :
Wahyu                   : “ Kamu senang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka?”
Ratna                     : “ Iya.saya sangat senang.”
Wahyu                   : “ Apa yang membuat Ratna sangat senang dengan kegiatan pramuka ?”
      Ratna            : “ Kegiatan pramuka dapat menambah pengalaman dan wawasan saya, terutama melatih mental saya.”
Wahyu                   : “ Berapa kali dalam satu minggu kamu latihan pramuka ?”
Ratna                     : “ Satu kali seminggu.Namun kadang – kadang dua kali juga.”
Wahyu                   : “  Siapa yang melatih kegiatan pramuka ini ?”
Ratna                     : “ Kak Agus Maudani dan Kak Sri Pangestu .”
Wahyu              : “ Apa ada kesulitan yang kamu alami selama mengikuti kegiatan pramuka ini ?”
Ratna                     : “ Ada.Terutama saat perkemahan. Kami kadang-kadang kekurangan alat-alat P3K  maupun obat-obatan.”
Wahyu                   : “ Kalau begitu bagaimana caramu mengatrasinya?”
Ratna                     : “ Kami terpaksa menggunakan peralatan seadanya dan menggunakan obat-obatan dari alam yang telah kami pelajari saat latihan.”
Wahyu                   : “ Baiklah Ratna.terima Kasih atas informasinya.”
Ratna                     : “ Sama-sama Wahyu.”
            Petunjuk !                    Susunlah hasil wawancara di atas dalam bentuk narasi !


3 komentar:

  1. Balasan
    1. Silakan dicoba buat sendiri. Sebagai latihan

      Hapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus

Jangan Lupa "Tinggalkan Komen Anda Di Sini ↓"