Sabtu, 17 Maret 2018

Ulasan/Resensi Film 3 (Three) Idiots


Orientasi
Film 3 Idiots ini adalah film produksi Vidhu Vinod Chopra Production yang disutradari oleh Rajkumar Hirani. Film yang dikemas dengan komedi ini mengisahkan tentang perlawanan dari salah seorang mahasiswa bersama dua temannya terhadap sistem pendidikan yang ada di kampusnya. Kita semua tahu di sekolah atau kampus masing-masing, guru dan dosen dalam memberikan pengajaran kerap kali hanya terpaku dengan teori buku, tanpa mencari sumber  yang lain dan mengajarkan penerapannya. Hal tersebutlah yang menjadi penekanan dalam alur cerita di film ini.

Tafsiran
Diceritakan tiga pemuda saling bersahabat yang sama-sama menjadi mahasiswa baru di kampus Teknik bergengsi. Mereka adalah Farhan Qureshi Raju Rastogi dan 'Rancho' Shamaldas Chanchad. Ketiganya mengemban ilmu di universitas yang terkenal sangat disiplin dalam menegakkan sistem pembelajaran dan aturan.
Universitas tersebut memiliki sosok Rektor yang kejam bernama Profesor Viru 'Virus' Sahastrabuddhe. Tak ada yang bisa mengubah ataupun berani melawan sistem pendidikan kampus yang sudah bertahun-tahun diterapkan dengan tegas dan ketat, sampai Rancho muncul.
Rancho memang mahasiswa yang unik dan kerap melawan sistem yang ada. Ia memang tak setuju dan terkesan menentang pola pengajaran yang sudah diterapkan di kampus Profesor Virus tersebut. Tak heran jika beberapa kali kedapatan beberapa mahasiswa bunuh diri, salah satunya bernama Joy Lobo yang tewas gantung diri.
Meski sangat menentang sang Profesor, namun Rancho jatuh cinta pada putri Virus yang bernama Pia. Rancho berhasil membuat mahasiswi kedokteran cantik tersebut membalas cintanya. Bahkan bersama kedua sahabatnya Rancho nekat pergi menemui Pia di rumahnya saat mabuk dan tanpa sadar mengencingi pagar depan rumah Virus.
Kebencian Virus pada ketiga mahasiswa tersebut semakin besar. Namun dengan perjuangan yang berat, akhirnya mereka berhasil lulus dan mendapatkan pekerjaan. Setelah bekerja ketiganya saling terpisah, hingga salah satu pesaing Rancho saat kuliah yakni Chatur 'Silencer' Ramalingam menantangnya untuk adu kesuksesan.
Saat akan bertemu, Silencer si mahasiswa kesayangan Virus itu bersikap sangat sombong dengan memamerkan semua harta kekayaannya. Silencer tak sendirian karena ia ditemani oleh Farhan dan Raju. Kesombongan Silencer tersebut akhirnya berhasil dibungkam oleh Rancho karena faktanya Rancho yang berganti nama menjadi Phunsuk Wangdu adalah atasan Silencer. Di momen yang sama Pia pun mendatangi Rancho dan keduanya bersatu kembali. 

Evaluasi
Film yang dirilis pada 25 Desember 2009 ini, merupakan film yang sarat akan makna. Temanya sederhana, namun dikemas dengan plot dan dialog yang cerdas. Film ini menyindir dengan sangat pas mereka yang memaksakan anaknya masuk sekolah teknik hanya untuk gengsi saja dan mahasiswa yang belajar tapi hanya gila nilai saja juga keadaan sosial di India (mungkin juga di Indonesia) yang mendikte bahwa laki-laki harus jadi insinyur dan perempuan harus menjadi dokter. Bahkan dari lahir saja orangtua sudah memplot masa depan anaknya tanpa memikirkan apakah sang anak sendiri mau dengan jalan hidup pilihan orangtuanya atau tidak.

Karakter dalam film ini menarik dan realistis, begitu pula dengan dialognya yang cerdas dan cerita yang mampu membuat penonton tertawa dan terharu.
Aamir Khan sendiri tampil sangat prima dalam film ini, bahkan di usia yang sebenarnya bukan usia mahasiswa, penampilannya terlihat muda dan segar. Film ini juga dibintangi oleh jajaran artis India lainnya, diantaranya Kareena Kapoor, R. Madhavan, Sharman Joshi, Boman Irani, Omi Vaidya, Mona Singh dan Parikshit Sahni.

Rangkuman
Bagi anda yang berusia remaja dan dewasa apalagi yang sangat gemar dengan film bergenre komedi anda sangat disarankan menonton film ini karena berbeda dengan film komedi lainnya, disisi lain film ini juga menampilkan pesan moral yang begitu penting sehingga selain sebagai sarana hiburan, film ini juga dapat merubah presepsi penonton terhadap hakikat dari sebuah sistem pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa "Tinggalkan Komen Anda Di Sini ↓"