Selasa, 27 Maret 2018

SOAL LATIHAN BIOLOGI BAB ANIMALIA SMA


Animalia


1.    Apakah perbedaan Fasciola hepatica  dengan Fasciola gigantica?
a.     Fasciola hepatica hidup parasit, Fasciola gigantica hidup bebas
b.     Fasciola hepatica hidup di had domba, Fasciola gigantica hidup bebas
c.      Fasciola hepatica hidup di hati, Fasciola gigantica hidup di paru-paru
d.     Fasciola hepatica memiliki rostelum Fasciola gigantica memiliki skelet
e.     Fasciola hepatica butuh hidup dalam siput, Fasciola gigantica hidup dalam ikan air tawar

2.    Jika dilakukan pemberantasan siput Lymnea auricularis, maka daur hidup yang akan hilang dari Fasciola hepatica adalah
a.     redia                   d.      mirasidium
b.     serkaria               e.      sporosista
c.      metaserkaria

3.    Hospes definitif adalah ....
a.     hospes tempat parasit berkembang secara seksual
b.     hospes yang tidak pernah berubah
c.      hospes yang mengalami gejala klinis karena parasit
d.     hospes yang tidak mengalami gejala klinis walau mengidap parasit
e.     hospes yang harus dilalui sampai parasit mencapai hospes tetap

4.    Serkaria Clonorchis sinensis hidup di dalam ...
a.     tanaman air
b.     otot ikan air tawar
c.      empedu ikan air tawar
d.     empedu siput
e.     otot siput

5.    Perhatikan gambar berikut.
       Gambar tersebut merupakan cacing ...  dan yang berkelamin betina ditunjukkan oleh nomor ....
a.     Schistosoma, II
b.     Schistosoma, I
c.      Clonorchis sinensis, II
d.     Clonorchis sinensis, II
e.     Ascaris lumbricoides, I

6.    Cacing kremi atau Enterobius vermicularis dapat disebabkan oleh ....
a.     memakan parutan kelapa
b.     memakan santan kelapa
c.      bermain-main dengan parutan kelapa
d.     autoinfeksi telurnya
e.     memakan siput Lymnea auricularis

7.    Kelenjar pembentuk kokon pada cacing  tanah terdapat dalam ....
a.     proglotid
b.     klitelum
c.      spermateka
d.     rostelum
e.     5 pasang lengkung aorta

8.    Manakah yang bukan ciri dari Pheretima?
a.     darahnya berwarna merah
b.     telurnya berada dalam kokon
c.      plasma darahnya mengandung hemoglobin
d.     eritrositnya berwarna merah
e.     memiliki pembuluh darah

9.    Cangkang Mollusca tersusun atas ....
a.     kalium                 d.      mannan
b.     fosfat klorida        e.      kalsium karbonat
c.      selulosa

10. Bintik mata pada gastropoda berfungsi untuk ....
a.     mengetahui keadaan sekitar
b.     melihat keadaan sekitar
c.      sensor gerakan
d.     mengetahui kedalaman
e.     membedakan gelap dan terang

11. Di antara Arthropoda berikut yang sistem respirasinya bukan trakea adalah ....
a.     nyamuk               d.      Nautilus
b.     lipan                    e.      Culex
c.      udang windu

12. Racun dan jaring yang dihasilkan laba-laba merupakan senyawa ....
a.     antigen
b.     serum
c.      anorganik (garam-garaman)
d.     karbohidrat
e.     protein

13. Apakah fungsi ovipositor pada belalang?
a.     alat indera
b.     alat kopulasi
c.      alat urogenital
d.     pembuat sel telur
e.     meletakkan telur

14. Serangga yang menyebarkan penyakit sura pada ternak adalah ....
a.     Tabanus              d.      Culex
b.     Glosina                e.      Leishmania
c.      lalat Tse-tse

15. Manakah ciri sistem peredaran darah yang tidak dimiliki Crustacea?
a.     darahnya tidak berfungsi sebagai pembawa
b.     memiliki alat pompa darah berupa jantung
c.      darahnya mengandung hemoglobin
d.     darahnya mengandung hemosianin
e.     sistem peredaran darahnya terbuka

16. Kutu yang menyebarkan penyakit pes adalah ....
a.     Clenocephalus felis
b.     Xenopsylla cheopsis
c.      Apis cerana
d.     Colembolla
e.     Grilotalpa

17. Sifat berdarah panas atau berdarah dingin berhubungan dengan kondisi jantung, karena ....
a.     berhubungan dengan sistem peredaran darah
b.     jantung merupakan organ vital kehidupan
c.      darah membawa sari makanan yang mengandung energi
d.     pada jantung yang darahnya masih tercampur menyebabkan darah yang dapat menjaga kestabilan suhu tidak terlalu berfungsi
e.     suhu lingkungan akan berpengaruh pada kecepatan denyut jantung

18. Apakah peran Pheretima sp. dalam menyuburkan tanah?
a.     menyediakan unsur nitrogen
b.     menghasilkan kotoran
c.      meningkatkan aerasi tanah
d.     memakan hama serangga
e.     mendaur ulang daun


19. Manakah yang bukan fungsi dari sistem ambulakral pada Echinodermata?
a.     mencerna makanan
b.     bernapas
c.      bergerak
d.     menyediakan air untuk diambil O2-nya
e.     membuka mangsanya

20. Satu ciri khusus dari hewan Vertebrata adalah ....
a.     memiliki sistem saraf yang sama
b.     memiliki korda dorsalis, batang saraf dorsal, dan celah insang
c.      darahnya berperan mengedarkan gas dan makanan
d.     memiliki jantung
e.     sistem peredaran darahnya tertutup

21. Gerak Planaria yang menjauhi arah datangnya cahaya disebut ....
a.     fototropik
b.     fotonasti
c.      fototropi negatif
d.     fotonasti negatif
e.     fotonasti positif

22. Manakah parasit yang membutuhkan dua hospes perantara?
a.     Plasmodium
b.     Fasciola hepatica
c.      Taenia saginata
d.     Wuchereria bancrofti
e.     Schistosoma

23. Planaria dapat digunakan sebagai indikator biologis karena ....
a.     Planaria berkembang pesat di daerah tercemar karena banyak terdapat senyawa organik
b.     Planaria tidak dapat hidup di daerah tercemar
c.      Planaria berkembang pesat di daerah yang banyak kandungan anorganiknya
d.     Planaria bukan hewan parasit
e.     Planaria tidak butuh hospes perantara maupun hospes derinitif

24. Infeksi paling berat yang dapat disebabkan Clonorchis sinensis adalah ....
a.     sirosis hati
b.     pendarahan usus
c.      gatal pada anus
d.     pembengkakan limfa
e.     kematian

25. Endemi schistosomiasis di Indonesia terjadi di ....
a.     Danau Toba
b.     Danau Lindu
c.      Sungai Bengawan Solo
d.     Papua
e.     NTT
26. Cacing yang awalnya ditemukan di daerah pertambangan adalah ....
a.     Wuchereria bancrofti
b.     Clonorchis sinensis
c.      Trichinella spiralis
d.     Ascaris lumbricoides
e.     Ancylostoma duodenale

27. Vektor yang menyebabkan filariasis adalah ....
a.     nyamuk Culex
b.     nyamuk Anopheles
c.      lalat Tse-tse
d.     Wuchereria bancrofti
e.     sapi

28. Cacing Tubifex dapat digunakan sebagai bioindikator, karena ....
a.     cacing tidak dapat hidup di daerah yang tidak tercemar bahan organik
b.     tidak dapat hidup di daerah yang tercemar bahan organik
c.      dapat hidup di daerah dengan cemaran logam berat berkonsentrasi tinggi
d.     mudah berkembang biak
e.     siklus hidupnya pendek sehingga perubahan sedikit di lingkungan akan berpengaruh

29. Manakah yang merupakan pasangan sinonim suatu takson hewan?
a.     Lamellibranchiata-Pelecypoda
b.     Poaceae-Graminae
c.      Bakteriace-Monera
d.     Cephalopoda-Gastropoda
e.     Dibranchiata-Octapus

30. Lapisan mutiara pada Bivalvia disebut..
a.     mantel                 d.      prismatik
b.     dentis                  e.      nakreas
c.      periostrakum

31. Ciri umum Arthropoda adalah ....
a.     bersayap
b.     memiliki racun
c.      sistem peredaran darahnya tertutup
d.     tidak memiliki darah
e.     tubuh dan alat geraknya bersegmen

32. Tipe mulut yang dimiliki oleh semut adalah ....
a.     menjilat dan mengisap
b.     menjilat
c.      menggigit
d.     mengisap
e.     menusuk dan mengisap


33. Nimfa adalah ....
a.     masa tidak aktif suatu serangga
b.     masa aktif mencari makanan
c.      masa kematangan seksual serangga
d.     hewan muda yang belum matang secara seksual
e.     saat serangga berada di dalam kepompong

34. Ordo pada serangga yang mulutnya mengalami modifikasi menjadi probosis adalah ....
a.     Lepidoptera          d.      Isoptera
b.     Hemiptera            e.      Orthoptera
c.      Homoptera

35. Kaki capit pada Crustacea disebut ... dan terdapat sebanyak ....
a.     keliped, 1 pasang
b.     keliped, 1 buah
c.      keliped, 4 pasang
d.     uropoda, 1 pasang
e.     uropoda, 1 buah

36. Crustacea yang berperan sebagai zooplankton adalah ....
a.     Malacostraca
b.     Acarina
c.      Tetrabranchiata
d.     Entomostraca
e.     Polyplacophora

37. Pigmen apakah yang berperan dalam perubahan wama tubuh Cephalopoda?
a.     melanin               d.      hemoglobin
b.     melanosit             e.      rhodopsin
c.      kromatofora

38. Manakah di antara hewan berikut yang sistem peredaran darahnya tertutup?
a.     Entomostraca
b.     Tetrabranchiata
c.      Malacostraca
d.     Pterygota
e.     Diptera

39. Echinodermata yang tidak memiliki anus adalah ....
a.     Asteroidea           d.      Echinoidea
b.     Ophiuroidea         e.      Holothuroidea
c.      Crinoidea

40. Dari hewan berikut yang jarang ditemukan sisa rangka dalam kondisi lengkap adalah ....
a.     ikan pan              d.      ikan lele
b.     ikan lamprey        e.      ikan bandeng
c.      ikan gurami

Keyword: Latihan ujian sekolah kelas X, XI, XII, 10, 11, 12 2018 BIOLOGI ANIMALIA

2 komentar:

  1. Assalamualaikum wbr,salam sejahtera untuk kalian yang sempat membaca postingan ini,kenalkan saya Wati dari Garut,saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya,dulu saya keryawan yang digaji 800rb per bulan saya punya dua anak yang masih kecil,suami saya meninggalkan saya saat lahirkan anak kedua saya,keadaan ekonomi membuat saya pinjam sana sini dan tidak terasa hutang saya mencapai ratusan juta di rentenir,saya sempat putus asa dan stres titik terendah saya pada saat anak saya nangis kelaparan dan saya tidak punya uang sepeserpun sempat saya mau mengakhiri hidup saya tapi anak saya membuat saya semangat menghadapi semuanya,dan pada akhirnya saya tampa sengaja dan tidak tau dari mana saya melihat nomor tlpon KY.SAKTI MANGUNHARJO dan menghubungi nomor tsb,saya dikasi solusi tapi awalnya saya tidak percaya sampai saya beranikan diri mengikuti saran beliau dan alhamdulillah saya sekarang sudah sukses dan punya toko kecil2lan terima kasih saya ucapkan kepada aki dan kepaa allah swt berkat ini semua saya sukses dan bisa membiayai anak2 saya,ini pegalaman nyata tampa rekayasa demi allah,dan bagi teman2 yang mau seperti saya silahkan hub Aki di nomor 085-2111-741-25 insya allah aman,maaf kalau ada yang tidak suka dengan postingani ini saya mohon maaf saya hanya ingin berbagi,assalamualaikum wrb.




































































    Assalamualaikum wbr,salam sejahtera untuk kalian yang sempat membaca postingan ini,kenalkan saya Wati dari Garut,saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya,dulu saya keryawan yang digaji 800rb per bulan saya punya dua anak yang masih kecil,suami saya meninggalkan saya saat lahirkan anak kedua saya,keadaan ekonomi membuat saya pinjam sana sini dan tidak terasa hutang saya mencapai ratusan juta di rentenir,saya sempat putus asa dan stres titik terendah saya pada saat anak saya nangis kelaparan dan saya tidak punya uang sepeserpun sempat saya mau mengakhiri hidup saya tapi anak saya membuat saya semangat menghadapi semuanya,dan pada akhirnya saya tampa sengaja dan tidak tau dari mana saya melihat nomor tlpon KY.SAKTI MANGUNHARJO dan menghubungi nomor tsb,saya dikasi solusi tapi awalnya saya tidak percaya sampai saya beranikan diri mengikuti saran beliau dan alhamdulillah saya sekarang sudah sukses dan punya toko kecil2lan terima kasih saya ucapkan kepada aki dan kepaa allah swt berkat ini semua saya sukses dan bisa membiayai anak2 saya,ini pegalaman nyata tampa rekayasa demi allah,dan bagi teman2 yang mau seperti saya silahkan hub Aki di nomor 085-2111-741-25 insya allah aman,maaf kalau ada yang tidak suka dengan postingani ini saya mohon maaf saya hanya ingin berbagi,assalamualaikum wrb.

    BalasHapus
  2. Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.3

    BalasHapus

Jangan Lupa "Tinggalkan Komen Anda Di Sini ↓"