Jumat, 12 April 2013

Menjadi Percaya Diri / Kepercayaan Diri / Cara Menjadi Percaya Diri


 Kepercayaan Diri

(Oleh M Furqan Sultan Deyis)


2.1.       Pengertian dan landasan “Kepercayaan diri”.


Kepercayaan diri adalah sikap yang dapat ditumbuhkan dari sikap sanggup berdiri sendiri, menguasai diri sendiri tanpa pengendalian orang lain dan bagaimana kita menilai diri sendiri dengan orang. Tanpa adanya kepercayaan diri banyak masalah yang ditimbulkan. Dengan Kepercayaan diri kita akan lebih mudah bergaul dengan siapa saja seperti orang yang lebih tua, orang kaya, dan orang-orang yang pandai. Mereka akan berani menampilkan dirinya dengan tidak menonjolkan kelebihannya dan menutupi kekurangannya. Orang yang percaya diri akan lebih menerima kondisinya dengan apa adanya. Sebaiknya kita fokus kepada kelebihan dan terus berusaha memperbaiki segala kekurangan kita. Apabila ingin sukses tingkatkanlah kepercayaan diri.

Sesungguhnya Agama Islam memerintahkan untuk mencari rahmat Allah SWT, dalam mencari rahmat Allah SWT janganlah cepat berputus asa orang yang cepat berputus asa biasanya ia akan bunuh diri, minum-minuman keras karena pikiran orang yang seperti itu jelek jadi kita itu haruslah ikhtiar untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ( قال الله تبارك وتعالى : ” يا عبادي إنكم تخطئون بالليل والنهار ، وأنا أغفر الذنوب جميعا فاستغفروني أغفر لكم )

 Artinya: ”Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya kamu membuat kesalahan pada waktu malam dan siang, dan Aku mengampuni dosa-dosa semuanya, maka memohon ampunlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku mengampunimu." ( [2] ). Orang yang merasa tidak pernah berbuat salah adalah orang yang menyalahi fitrah dan menyalahi hukum alam yang telah diletakkan Allah dalam kehidupan ini.


2.2.       Langkah-langkah untuk membangun dan menguatkan rasa percaya diri.


 Takut keliru atau mengecewakan orang lain, pasti semua orang

ingin tampil sempurna dan membanggakan orang lain .Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara untuk kita lebih percaya diri agar percaya diri kita berhasil ini adalah langkah – langkah untuk membangun dan menguatkan rasa percaya diri kita adalah :


1. Tidak perlu takut dengan kesalahan yang kita perbuat.

      Semua manusia pasti mempunyai kesalahan kecuali rasul. Kesalahan/kekeliruan wajar bagi manusia karena apabila m anusia tidak melakukan kesalahan itu adalah tidak wajar.


2.       Janganlah berbuat bohong.

Kita harus menghindarkan berbuat bohong. Termasuk bohong terhadap diri sendiri karena kebohongan dapat menyiksa diri. Sekali berbuat bohong pasti orang lain tidak percaya dengan kita lagi dan kita pasti juga selalu memikirkan kebohongan tersebut orang yang berbuat bohong hatinya tidak akan tenang. Itulah sebabnya dalam islam dilarang untuk berbuat kebohongan karena kebohongan adalah suatu hal yang mengada ngada. Dan berbohong merupakan ciri - ciri orang munafik.

Allah SWT berfirman:

 آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
(Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. Jika

 berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat". ) (HR Bukhari).


3.    Selalu menanamkan keyakinan pada diri sendiri.


Di dunia ini tidak ada kekuatan yang lebih dari Allah SWT. Setiap orang di dunia ini pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan QS Ibrahim:7
“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih

.”.masing-masing perasaan yang salah/kurang harus dihilangkan dan tidak perlu kita sesali.

dalam Qs Al Anfal 2-4. Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila di sebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila di bacakan pada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah keyakinan mereka karenanya dan kepada tuhanlah mereka bertawakal.Yaitu orang-orang yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian riski yang kami berikan pada mereka. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya, mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi tuhan-Nya dan ampunan serta riski (ni’mat) yang mulia”.

4.  Selalu meningkatkan keyakinan terhadap diri sendiri.

Setiap orang pasti telah mendapatkan keberhasilan. Keberhasilan itu harus kita syukuri dengan bersyukur seseorang dapat sehat dan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dengan bersyukur juga kita akan mendapat nikmat dari allah SWT dan sebaliknya orang yang tidak bersyukur (kufur) akan mendapatkan azab yang pedih dari Allah SWT.

Di dunia ini tidak ada kekuatan yang lebih dari Allah SWT. Setiap orang di dunia ini pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan QS  Ibrahim:7
“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih


2.3.       Penyebab rasa kurang percaya diri.


1.    Fokus kepada kelemahan.

Setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Jadi kita harus memfokuskan kelebihan kita jangan pada kekurangan kita . Dari sekarang temukanlah kelebihan kita. Karena kalau tidak menemukan kelebihan kita sampai meninggal pun kita tidak akan bisa percaya diri.

2.    Terabaikan.

Anak-anak yang tumbuh tanpa kasih sayang orang tua ia merasa terabaikan.Ketika ia sudah dewasa ia akan menjadi acuh tak acuh ia akan susah untuk mempercayai dan susah bergaul dengan orang lain.

3.     Kritik yang berlebihan.

Saat seorang anak terus menerus diingatkan anak itu akan menjadi tidak percaya diri kejadian ini membuat anak tersebut merasa tidak berharga dan tidak ingin mengerjakan sesuatu yang baik.

4.    Pencapaian.       

Orang bekerja ingin menjadi sukses saat mereka gagal. Mereka menyatakan bahwa gagalnya tersebut menjadi kenyataan yang pahit sehingga itu yang membuat tidak percaya diri.

             

5.   Penampilan fisik.

Penampilan fisik itulah yang paling memengaruhi seseorang. Orang yang penampilannya buruk saat membandingkan dengan yang lebih baik dari dirinya akan menimbulkan rasa malu. Sehingga inilah yang membuat orang itu tidak percaya diri.


2.4.   Manfaat percaya diri

Untuk meningkatkan semangat dalam mencapai rasa percaya diri berikut ini adalah manfaat dari percaya diri:


1.    Akan tidak mudah terpengaruh dengan orang lain.

2.    Mampu mengatasi keadaan dengan baik.

3.    Mampu mengerjakan sesuatu dengan lebih tenang.

4.    Memandang semua hal dengan secara yakin.

5.    Akan mudah bergaul dengan orang lain.

6.    Mampu mengontrol emosi dengan baik.

7.    Hidup akan lebih baik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa "Tinggalkan Komen Anda Di Sini ↓"