Rabu, 17 April 2013

Penyebab-Penyebab Perang di Indonesia

      Indonesia memang sebuah negara yang sangat unik sekali, terdapat berbagai macam ras, suku, agama, adat, budaya, tari, lagu, namun tentunya keanekaragaman tersebut tak akan terlihat jika kita belum merdeka, pahlawan bangsa indonesia berjuang sangat lama menentang berbagai negara, salah satunya yaitu belanda, untuk menentangnya maka timbulah perang di antara perang-perang tersebut penyebabnya sebagai berikut:

1. Perang Paderi
    Perang Paderi terjadi di Sumatera Barat, menurut buku-buku pelajaran yang banyak beredar konon ceritanya bahwa penyebab dari perang tersebut adalah pertentangan antara kaum paderi dan kaum adat akibat kaum adat memiliki kebiasaan yang bertentangan dengan ajaran islam seperti menyabung ayam,minum  minuman keras dan lainnya. Akibatnya terjadilah peperangan antara dua kaum tersebut.
   Padahal konon ceritanya bahwa terdapat kelompok ulama muda dan kelompok ulama tua. Untuk membenarkan adat di Sumatera Barat tersebut seperti menyabung ayam, minum minuman keras, dll kelompok ulama muda ingin menyerang orang-orang tersebut dengan keras lansung menentang/perang, sedangkan ulama tua beranggapan lebih baik, membenarkan adat tersebut dengan baik-baik, sehingga terjadilah perang tersebut.

2.Perang Bonjol (Tokoh:Tuanku Imam Bonjol)
   Perang Bonjol merupakan perang yang disebabkan karena kaum adat dan kaum paderi telah menyadari bahwa belanda mengadu domba mereka dan mengambil alam mereka , mereka sadar bahwa untuk apa bertengkar sesama suku, akhirnya mereka semua bekerjasama menentang belanda.

3.Perang Jawa/Perang Diponegoro (Tokoh: Pangeran Diponegoro)
   Perang Jawa atau biasa disebut perang diponegoro adalah perang yang disebabkan karena belanda menanam patok-patok pembangunan jalan di atas makam leluhur diponegoro sebab lain, kekuasaan raja semakin sempit,, terjadinya wabah penyakit kolera, dan meletusnya gunung merapi sehingga semakin memporak-porakan jawa saat itu.

4.Perang Saparua (Tokoh: Kapitan Pattimura)
   Perang Saparua adalah perang yang terjadi di daerah maluku. perang tersebut disebabkan oleh tindakan sewenang-wenangnya belanda di daerah tersebut, sebab lain karena penggantian uang logam menjadi uang kertas oleh belanda.

5.Perang Banjar (Tokoh: Pangeran Antasari)
   Sebab utama perang ini adalah karena belanda terlalu ikut campur dalam masalah kerajaan, yaitu tidak menyetujui Hidayatullah menjadi raja dan menurut belanda Tamjidillah lebih cocok untuk menjadi raja.

6.Perang Banten (Tokoh: Sultan Ageng Tirtayasa)
   Perang Banten adalah perang antara ayah dan anak yaitu Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji, perang tersebut lagi-lagi disebabkan belanda yang mengadu domba mereka.

7.Perang Buleleng (Tokoh: I Gusti Ketut Jelantik)
   Perang Buleleng adalh perang yang terjadi di daerah bali, perang ini di sebabkan karena belanda melanggar hak tawan karang yaitu hak untuk menawan kapal yang terdampar di daerah bali, dahulu saat belanda membawa kapal dengan penuh rempah-rempah terdampar di bali namun belanda tidak ingin menyerahkan isi kapalnya sehingga terjadilah perang tersebut, sebab lain karena kerajaan buleleng dipaksa untuk mangakui kekuasaan belanda.

8.Perang Sisingamangaraja (Tokoh: Sisingamangaraja XII)
   Perang ini terjadi di daerah tapanuli perang ini disebabkan belanda berusaha menguasai tapanuli, dan hal itu dapat mempersempit kekuasaan kerajaan bakkara.

9.Perang Aceh (Tokoh: Cut Nyak Dien, Teuku Umar, Teuku Cik Di Tiro, Panglima Polim)
   Perang ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya Belanda menduduki Siak, Belanda melanggar perjanjian, dibukanya terusan suez, dan akibat hbungan diplomatik.

Semoga Dapat Bermanfaat!
Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa "Tinggalkan Komen Anda Di Sini ↓"